...Singkong jadi Andalan Indonesia untuk Pangan, Pakan dan Energi...

Jumat, 03 April 2009

Membuat Mie Pangsit dengan Tepung Cassava


Membuat Mie Pangsit dengan Tepung Cassava

Bahan Mie Pangsit : Tepung Cassava 10 kg, Tepung Terigu 7,5 kg dan bahan-bahan lain seperti garam, bahan pengembang dan air

Tepung Cassava bahan substitusi yang mengganti dominansi tepung terigu yang harganya semakin mahal.  Dengan tepung cassava, maka unit cost mie pangsit semakin murah, nantinya juga membantu mengurangi ketergantungan impor tepung terigu sebesar sekitar 5 juta ton per tahun.


Semua bahan diracik, dicampur dengan komposisi yang harus pas agar pembuatan mie bisa berhasil dengan mutu yang cukup baik, tidak menggumpal, tidak juga pecah atau hancur.


Bahan-bahan dicampur dan diaduk dengan alat pencampur atau mixer.

Adonan dibuat dengan kekenyalan tertentu... kemudian dibuat lempeng-lempeng adonan berbentuk pipih.  Diulang-ulang penggilingannya yang semula lempengan agak tebal menjadi semakin tipis dan cukup kenyal.


Setelah lempengan adonan sudah cukup kenyal dan cukup tipis sesuai ukuran ketebalan mie pangsit, kemudian dimasukkan ke alat pencetak mie pangsit.


Biasanya mie agar tidak melengket-lengket dibantu juga dengan pengipasan sehingga permukaan luar mie pangsit yang baru jadi agak kering dan tidak mudah melengket dan menggumpal lagi.

Mie pangsit yang sudah dicetak kemudian dikukus sambil terus dibalik-balik, diurai-urai supaya tidak menggumpal dan melengket-lengket.

Mie pangsit dengan bahan tepung singkong plus terigu sudah jadi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar