...Singkong jadi Andalan Indonesia untuk Pangan, Pakan dan Energi...

Sabtu, 06 Februari 2010

Pacitan Mulai Menanam 16 Juta Batang Ubi Mukibat

Pacitan Mulai Menanam 16 Juta Batang Ubi Mukibat

Jum'at, 16 November 2007 | 15:18 WIB
TEMPO Interaktif, Pacitan

Untuk merealisasikan program nasional penyediaan energi alternatif, Pemerintah Kabupaten Pacitan mulai menanam 16 juta batang ubi mukibat di 20 ribu hektare lahan pertanian yang tersedia di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, pada musim penghujan ini.

"Kita mulai menanam ubi ini, sehingga sembilan hingga sepuluh bulan ke depan ubi ini bisa dipanen," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pertanian Pacitan, Pamuji, Jumat (16/11).

Ia mengatakan penanaman ubi mukibat ini digunakan untuk menyuplai dua perusahaan energi alternatif bethanol di Pacitan yang saat ini masih proses pembangunan.

Pemerintah Pacitan bekerja sama dalam hal penyediaan bahan baku dengan dua pabrik tersebut yang diperkirakan akan beroperasional pada tujuh hingga delapan bulan mendatang. "Bupati Pacitan Suyono bahkan telah memerintahkan satuan kerja untuk mengawal penanaman ubi mukibat hingga ke desa-desa," ujarnya.

Menurut dia, penanaman ubi ini diharapkan dapat memperbaiki pendapatan masyarakat Pacitan. Ubi mukibat nanti akan dihargai Rp 200 per kilogram.

Ia mentargetkan mampu menghasilkan sebanyak 900 ton ubi mukibat. Target ini lebih besar dari kebutuhan kedua pabrik tersebut yang hanya membutuhkan sekitar 600 hingga 700 ton untuk pembuatan bethanol.

DINI MAWUNTYAS

Sumber : http://www.tempointeraktif.com/hg/nusa/2007/11/16/brk,20071116-111717,id.html

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar