...Singkong jadi Andalan Indonesia untuk Pangan, Pakan dan Energi...

Rabu, 13 November 2013

Bangun Industri Pengolahan Singkong Gajah di PPU

Bangun Industri Pengolahan Singkong Gajah di PPU

Bangun Industri Pengolahan Singkong Gajah di PPU


Singkong Gajah, perlahan menjadi tanaman andalan petani di Kaltim. Sayangnya, sampai saat ini para petani Singkong Gajah kerap mengaku kesulitan menjual hasil tanaman mereka. Hal ini diakui pula oleh Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan, Ibrahim. Menurut Ibrahim, saat ini baru tersedia pabrik pengolahan Singkong Gajah dalam skala kecil di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU).


"Yang skala kecil ada, dengan kapasitas baru puluhan kilogram (kg) saja. Itu di PPU. Kalau dalam jumlah besar belum," kata Ibrahim.

Namun, 2014 mendatang, diperkirakan akan berdiri pabrik pengolahan Singkong Gajah menjadi chip dalam kapasitas besar, di Kabupaten PPU.

"PT Sasamba akan mendirikan industri pengolahannnya menjadi chip (potongan-potongan kecil). Sekarang masih mencari lokasinya di PPU," ujar Ibrahim.

Direncanakan, industri pengolahan Singkong Gajah di PPU nanti berkapasitas sekitar 5.000 ton perhari. "Rencananya, mesin yang di Jawa Barat itu akan dipindahkan ke PPU. Investor dari Cina meminta 5.000 ton sehari. Tapi kemungkinan kapasitas pabrik lebih dari itu, karena harus produksi juga untuk bioetanol," jelas Ibrahim.


Sumber : http://www.tribunnews.com/regional/2013/10/27/bangun-industri-pengolahan-singkong-gajah-di-ppu
Sumber Foto : http://jualsingkonggajah.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar