...Singkong jadi Andalan Indonesia untuk Pangan, Pakan dan Energi...

Rabu, 10 Februari 2010

RACUN RUMPUT BUATAN SENDIRI YANG MURAH MERIAH

RACUN RUMPUT BUATAN SENDIRI YANG MURAH MERIAH


Oleh : Dian Kusumanto

Bumi Kalimantan pada umumnya sangat subur. Saking suburnya rumput-rumput juga sangat cepat pertumbuhannya. Para petani sering mengeluhkan keadaan ini. Betapa tidak, setelah lahan dibersihkan dengan cara ditebas atau dibakar, kalau sudah kena hujan sekali saja rumput lebih cepat menyusul. Tanaman yang ditanam belum besar rumputnya sudah lebih dulu meninggi dan menutupi tanaman.

Biasanya petani banyak mengandalkan racun rumput buatan pabrik yang semakin hari semakin mahal. Untuk membersihkan lahan dari rumput biasanya dilakukan beberapa kali. Kalau rumput tebal biasanya petani membakarnya saja dulu, kemudian dibiarkan sekitar 2 minggu sampai rumput mulai Nampak tumbuh lagi. Setelah itu lahan yang mulai ditumbuhi rumput tadi disemprot dengan racun rumput. Kadang petani menanami dengan tanaman yang dikehendaki sebelum penyemprotan atau yang lebih sering dilakukan setelah penyemprotan.

Setelah penyemprotan racun tersebut biasanya agak lama rumput baru tumbuh, ungkin biji rumput yang masih tersisa sebelumnya dan tidak sempat dimatikanoleh racun rumput pada penyemprotan sebelumnya. Sisa-sisa biji-biji rumput yang ada di tanah ini baru muncul sekitar 2-3 bulan kemudian (tergantung keadaan tanah, jumlah curah hujan, dll.). Pada saat pemunculannya kembali inilah petani menyemprot lagi dengan racun rumput, sebelum rumput-rumput ini sempat mengeluarkan bijinya. Jangan sampai penyemprotan dilakukan terlambat, sehingga biji-biji rumput sempat terhambur.

Demikian cara sebagian petani di Kalimantan, khususnya petani di Nunukan Kalimantan Timur yang pernah penulis temui. Beda dengan Petani di Jawa yang jarang menggunakan racun rumput pada usaha taninya, karena memang lahan yang tidak terlalu luas dan tenaga yang cukup banyak serta ternak yang memerlukan rumput setiap hari sehingga rumput selalu dipotong untuk pakan ternak.

Penggunaan racun rumput yang relative sangat banyak dan sering inilah yang membengkakkan biaya usaha tani para petani di Kalimantan umumnya, Nunukan pada khususnya. Akhirnya banyak cara dilakukan oleh para petani untuk menghemat pengeluaran belanja racun rumput dengan cara mereka sendiri. Paling tidak ada 3 (tiga) cara yang Penulis akan paparkan disini, yang berasal dari pengalaman beberapa petani di Nunukan Kalimantan Timur yang telah Penulis temui.


RESEP 5in1 (Five in One) alias GUS BenSol


Resep ini bisa saja diberi nama Racun Rumput FiO, atau Racun Rumput GUS BenSol. FiO artinya Five in One, sedangkan Gus Bensol maksudnya Garam Urea Sabun serbuk Bensin dan Solar. Mungkin nama yang enak didengar adalah Racun Rumput GUS BenSol, biar keren dan mudah terkenal. Bagaimana?

Bahan-bahan yang diperlukan :
1. Bensin 1 liter
2. Solar 1 liter
3. Garam 1 kg
4. Urea 1 kg
5. Sabun Serbuk 1 kg

Cara membuat :
1. Semua bahan-bahan di campur satu persatu, mulai dari bensin dan solar dalam satu wadah.
2. Pada wadah yang lain kemudian garam dan urea serta sabun serbuk dicampur.
3. Wadah satu yang berisi campuran bensin dan solar dicampurkan sedikit demi sedikit sambil terus diaduk-aduk dituangkan pada wadah kedua yang berisi campuran garam, urea dan sabun serbuk.
4. Pengadukan dilakukan terus-menerus sampai campuran tadi menjadi larutan yang menyatu.
5. Bahan racun rumput (FiO) Five in One alias GUS Bensol siap digunakan. Simpanlah pada wadah yang aman dan tertutup jauhkan dan hindarkan dari nyala api, karena bahan ini mudah terbakar.

Cara Penggunaan :
Cara penggunaan sama dengan penggunaan racun rumput lainnya. Yaitu kalau kita ingin menyemprot dengan pompa sprayer berisi 15 liter air campurkan sekitar 50 cc obat racun rumput FiO Gus Bensol ini. Kalau dirasa kurang hebat ditambah sedikit dosisnya juga bisa sampai sekitar 200 cc (atau satu gelas wadah aqua) dalam tangki sprayer 15 liter (ada juga tangki yang 16 sampai 18 liter).


RESEP Oplosan Three in One (OTiO 12) alias Alur 12


Disebut Racun Rumput OTiO 12 alias Alur 12, hanya untuk memudahkan mengingat bahwa inilah cara petani untuk membuat pengenceran racun rumput 1 liter menjadi 12 liter dengan efek racun yang hampir sama. Pengalaman dari seorang Petani di Kampung Sei Jepun bernama Bapak Mustafa (43) ini diperoleh saat dia bekerja di perkebunan Sawit di Malaysia. Resep ini pun sudah diminta ijinny untuk disebarluaskan kepada para petani dimana saja berada, khususnya yang sempat membaca tulisan ini.

Penyemprotan rumput dan gulma di ladang jagung dengan menggunakan Racun Rumput buatan sendiri merek Alur 12
Pengisian Racun Rumput buatan sendiri merek Alur 12 ke dalam Tangki Pom (Pump Tank).
Bapak Mustafa dari Sei Jepun Nunukan, Kalimantan Timur

Disebut Alur 12 karena bahannya adalah Air Laut sebanyak 12 liter dan Urea, untuk memperbanyak Racun Rumput buatan pabrik yang akan digunakan.

Bahan-bahan yang diperlukan :
1. Racun Rumput Buatan Pabrik (berbagai merek) 1 liter
2. Air Laut 12 liter
3. Urea 2 kg

Cara membuat :
1. Semua bahan-bahan di campur satu persatu ke dalam wadah terbuat dari Alumunium atau yang berbahan tembikar dari tanah liat dengan sambil terus diaduk-aduk.
2. Bahan-bahan larutan pengenceran racun rumput dengan air laut dan urea dalam wadah kuali itu kemudian dipanaskan di atas kompor atau tungku kayu bakar.
3. Pengadukan dilakukan terus-menerus sampai campuran tadi menjadi larutan yang menyatu sambil terus dipanaskan sampai mendidih. Pengadukan diusahakan jangan tepat di atas wadah agar uapnya tidak terhirup oleh si Pengaduk.
4. Bahan racun rumput OTiO 12 (Oplosan Three in One) siap digunakan. Simpanlah pada wadah yang aman dan tertutup jauhkan dan hindarkan dari jangkauan anak-anak.

Cara Penggunaan :
Cara penggunaan sama dengan penggunaan racun rumput lainnya. Yaitu kalau kita ingin menyemprot dengan pompa sprayer berisi 15 liter air campurkan sekitar 50 cc obat racun rumput OTiO 12 alias Alur 12 ini. Kalau dirasa kurang hebat ditambah sedikit dosisnya juga bisa sampai sekitar 200 cc (atau satu gelas wadah aqua) dalam tangki sprayer 15 liter (ada juga tangki yang 16 sampai 18 liter).

RESEP Oplosan Three in One (OTiO 13) alias Hervit Top 13

Disebut Racun Rumput OTiO 13 alias Hervit Top 13, hanya untuk memudahkan mengingat bahwa inilah cara petani untuk membuat pengenceran racun rumput 1 liter menjadi 3 liter dengan efek racun yang hampir sama. Pengalaman dari seorang Petani di Desa Setabu Kecamatan Sebatik Barat melalui seorang PPL bernama Asri Aziz (33) ini diperoleh saat dia bekerja di sawah dan kebun Kakaonya sendiri. Resep ini pun sudah diminta ijinnya untuk disebarluaskan kepada para petani dimana saja berada, khususnya yang sempat membaca tulisan ini.

Disebut Bervit Top 13 karena bahannya adalah Vitsin (Vit) 250 gram dan Toak Pahit (ToP) sebanyak 3 liter, untuk memperbanyak Racun Rumput buatan pabrik sebanyak 1 liter menjadi 3 liter.

Bahan-bahan yang diperlukan :
1. Racun Rumput Buatan Pabrik (berbagai merek) 1 liter
2. Toak Pahit 3 liter
3. Vitsin 250 gram

Cara membuat :
1. Semua bahan-bahan di campur satu persatu ke dalam wadah terbuat dari Plastik atau yang berbahan tembikar dari tanah liat dengan sambil terus diaduk-aduk.
2. Bahan-bahan larutan pengenceran racun rumput dengan Toak Pahit dan Vitsin dalam wadah kuali itu kemudian diaduk-aduk.
3. Pengadukan diusahakan jangan tepat di atas wadah agar uapnya tidak terhirup oleh si Pengaduk.
4. Bahan racun rumput OTiO 13 (Hervit Top 13) siap digunakan. Simpanlah pada wadah yang aman dan tertutup jauhkan dan hindarkan dari jangkauan anak-anak.

Cara Penggunaan :
Cara penggunaan sama dengan penggunaan racun rumput lainnya. Yaitu kalau kita ingin menyemprot dengan pompa sprayer berisi 15 liter air campurkan sekitar 50 cc obat racun rumput OTiO 13 alias Hervit Top 13 ini. Kalau dirasa kurang hebat ditambah sedikit dosisnya juga bisa sampai sekitar 200 cc (atau satu gelas wadah aqua) dalam tangki sprayer 15 liter (ada juga tangki yang 16 sampai 18 liter).

Barangkali Anda juga punya resep yang sama ampuhnya dengan resep di atas. Atau bahkan lebih hebat? Maka jangan malu-malu atau ragu-ragu untuk saling berbagi, agar petani kita lebih makmur dan sejahtera. Sudah waktunya kita membela para Petani agar bisa meminimalkan biaya-biaya usaha taninya. Jangan selalu kita memeras petani dengan bisnis yang mengandung pembodohan terstruktur sekaligus merusak tatanan kelestarian alam.

Semoga berguna, Hidup untuk petani Indonesia!

37 komentar:

  1. itu dapat merusak tanah pak, lama kelamaan struktur tanah akan rusak dan organisme akan mati semua pak,.,
    saya endri geovani mahasiswa UGM, mending pakek fermentasi ragi, saja pak., lebih aman,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Endri, terima kasih masukannya. Tolong presentasikan dengan jelas....

      Hapus
    2. fermentasi ragi caranya bagaimana?

      Hapus
    3. Klo yg pakai solar sama bensin memang sangat berbahaya utk tanah, satu liter solar akan merusak tanah 5 thn, tanaman yg di tanam sulit tumbuh subur, solar sama bensin memang sgt ampuh utk membunuh rumput, tp efek nya sgt tinggi

      Hapus
  2. Balasan
    1. Bahan-bahan herbisida dengan ragi sbb:
      • Ragi tape 1 kantong.
      • Pupuk urea 1kg
      • Roundup/gromoxon 1 liter
      • Air hujan 5-6 liter.
      Cara membuat:
      Campur semua bahan di dalam ember.
      Lalu aduk sampai merata.
      Setelah di aduk pindahkan kedalam jerigen lalu tutup rapat.
      Simpan selama 7-14 hari supaya fermentasi sempurna.
      Selama fermentasi berlangsung.
      Jauhkan dari jangkauan sinar matahari secara langsung dan anak-anak.
      Cara pemakaian:
      Gunakan 80-100 cc untuk 11-15 liter.

      Hapus
    2. Roundup/ gromoxon dpt dibeli dmn pak? Sejenis kimia ya? Trus air hujan apa bisa di ganti dengan air sumur atau pan

      Hapus
  3. bagi yang nanya soal ragi, ya silakan aja tanya sama endri geovani itu mbak ?

    BalasHapus
  4. Walah yang nyalahin ngasih solusi kok nanggung klu gk niat ya diem ae.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga lagi nungguin mas endri nya ni... Kok gk lgsg d presentasi...😤😤

      Hapus
  5. mungkin maksud mas endry begini?
    herbisida 1 liter
    ragi tape 1 kantong
    urea 1 kg
    air hujan 5 liter...
    mungkin seperti itu barang kali....

    BalasHapus
  6. Ternyata ilmu itu dapat diperroleh di mana saja dengan cara berbagi pengalaman, makasih semoga kami bisa memanfaatkannya dan semoga menjadi amal bagi yang memberikan resep ini. Mohon izin untuk mencobanya. Assalamu'alaikum wr.wb.

    BalasHapus
  7. Saya sudah ikuti resep ini; Racun Rumput FiO, atau Racun Rumput GUS BenSol. FiO artinya Five in One, sedangkan Gus Bensol maksudnya Garam Urea Sabun serbuk Bensin dan Solar. Mungkin nama yang enak didengar adalah Racun Rumput GUS BenSol, biar keren dan mudah terkenal. Bagaimana?

    Bahan-bahan yang diperlukan :
    1. Bensin 1 liter
    2. Solar 1 liter
    3. Garam 1 kg
    4. Urea 1 kg
    5. Sabun Serbuk 1 kg

    Cara membuat :
    1. Semua bahan-bahan di campur satu persatu, mulai dari bensin dan solar dalam satu wadah.
    2. Pada wadah yang lain kemudian garam dan urea serta sabun serbuk dicampur.
    3. Wadah satu yang berisi campuran bensin dan solar dicampurkan sedikit demi sedikit sambil terus diaduk-aduk dituangkan pada wadah kedua yang berisi campuran garam, urea dan sabun serbuk.
    4. Pengadukan dilakukan terus-menerus sampai campuran tadi menjadi larutan yang menyatu.
    5. Bahan racun rumput (FiO) Five in One alias GUS Bensol siap digunakan. Simpanlah pada wadah yang aman dan tertutup jauhkan dan hindarkan dari nyala api, karena bahan ini mudah terbakar.

    Cara Penggunaan :
    Cara penggunaan sama dengan penggunaan racun rumput lainnya. Yaitu kalau kita ingin menyemprot dengan pompa sprayer berisi 15 liter air campurkan sekitar 50 cc obat racun rumput FiO Gus Bensol ini. Kalau dirasa kurang hebat ditambah sedikit dosisnya juga bisa sampai sekitar 200 cc (atau satu gelas wadah aqua) dalam tangki sprayer 15 liter (ada juga tangki yang 16 sampai 18 liter). Tapi kok gak mati rumputnya?
    apa ada tambahan bahan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bro saya udah pernah buat racun rumput gus bensolnya tapi kok urea sama garamnya gak mau larut jadi cair ya bro ?
      Tolong donk info buat larutin urea sama garam nya ?

      Hapus
    2. Dosis nya mungkin kurang banyak, sy jg pernah bikin yg pake gramoxone di campur air laut 12 liter dan urea 2 kg, memang untuk rumput sekelas rumput mutiara, atau rumput rumputan di halaman rumah langsung mati dg dosis 1:100 25 ml /tanki semprot 2,5 liter, tapi untuk penyemprotan di lahan sama sekali tdk manjur, harus dg dosis yg lebih banyak sampai 400 ml per tanki semprot 15 liter baru manjur.

      Hapus
    3. Sampean udah makai gusbensol gimana hasilnya mas

      Hapus
    4. Klau kna ubi kayu ny,mati/ngga mas?

      Hapus
  8. terimakasih atas infonya dan semoga sukses, cuma ada pertanyaan jika apa bisa untuk menyemprit timbuhan pakis ? terimakasih

    BalasHapus
  9. Klo pakai solar dan bensin itu sgt merusak unsur tanah, satu liter solar bisa merusak tanah 5thn, klo di tanami tanaman susah subur. Memang solar bensin ampuh utk membasmi rumput, tp efek nya terlalu sgt tinggi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gimana cara mematikan rumput supaya lama tumbuh nya mad

      Hapus
  10. Mas ENDry nanggung banget sih bro...harusnya sebagai akademisi tu bisa mempresentasikan dengan jelas dan komprehensif ketika mengomentari sesuatu.
    tp tetep semangat n kritis ya kawan2...
    Semoga apa yang saya suguhkan dapat memberikan sedikit pembanding dan pencerahan utk sobat2 pecinta dan pelestari alam..
    mohon izin kepada abang dian karena ikutan corat coret di tulisan anda.
    1. masalah solar dan gas = tentu dapat merusak lingkungan, karena mikroorganisme yang ada akan "punah" dalam tempo sesingkat-singkatnya dan dalam jangka waktu yang tak dapat di tentukan
    2. Sabun = masih masalah yang sama dg point no 1.
    3. Herbisida kemasan = masih merujuk point no 1. namun untuk herbisida pabrikan bisa sedikit lebih ramah dengan mmikroorganisme yang ada. dan dapat di perhatikan pertumbuhan benih / akar rumput yang tidak terkena herbisida tersebut akan dengan cepat tumbuh (Easy come Easy go)hehe..

    solusi masalah ragi memang dapat membantu, karena dalam proses fermentasi perkembangan organisme yang maksimal dapat mengurai rumput dengan CUKUP baik.
    hal yang pernah saya lakukan adalah dengan membuat lautan dalam 2 fase. fase 1 dengan cara memadukan antara tetes tebu, ragi (sebagai pengurai biji dan akar rumput) lalu dilanjutkan dengan fase 2 yaitu larutan tetes tebu, gula aren, ragi (pengurai) serta larutan (maaf) kotoran kambing dan air seni kelinci (penyubur). jadi dalam berorganik ria kita harus tentap menjaga balancing.
    jika ada perdebatan masalah komposisi jangan di hiraukan, karena setiap daerah mempunyai kontur tanah yang berbeda. jadi masalah komposisi tidak perlu dipermasalahkan sedangkan pengaplikasiannya tetep di semprot. semoga manfaat dan salam sehat..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Situ sama aja bos,
      Kl memang punya resep nya harus nya di jelaskan
      Berapa ukuran dlm pembuatanya, kemudian dosis dlm pemakaian nya...
      Biar jelas tdk nanggung...

      Hapus
  11. Thanks mas.. Solusi yg bijak

    BalasHapus
  12. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  13. cv.MAHKOTA TANI

    JL. Stasiun 9, Kota SBY, Jawa Timur 60161, Indonesia
    Telp/Fax: 031-21141100



    MAHKOTA TANI Perusahaan Kami adalah distributor Obat Racun Rumput yang mengutamakan pelayanan terbaik untuk konsumen dengan harga yang kompetitif dan bersaing dengan yang lain, motto dan visi kami adalah menjual dan mendistributorkan Obat Racun Rumput yang murah dan berkualitas untuk konsumen, dengan pelayanan yang memuaskan dan mengutamakan konsumen.

    Produk yang kami pasar kan berikut:
    Roundup,
    Gramoxone,
    Seetop,
    Basmilang,
    Regent,
    Duppont wg20,
    Furadan,
    DLL..

    Lebih lanjut hubungi:Email:putratanjuong@gmail.com

    Salam
    Putra T

    BalasHapus
  14. Monggo yg mau beli kereta mini dijual mesin zebra siap cari uang ,, lokasi Magelang, silahkan WA 085642333111

    BalasHapus
  15. Kalo yg pakai ragi rumput mati apa tidak ya, sdh ada yg mencoba

    BalasHapus
  16. Halo, nama saya SALSABILLA ZULFKAR memangsa hukuman di tangan kreditor palsu. Saya kehilangan sekitar Rp. 30.000.000 karena saya butuh modal besar Rp. 300.000.000, Saya hampir mati, saya tidak punya tempat untuk pergi. Perdagangan saya hancur, dan dalam proses itu saya kehilangan anak dan ibu saya. Saya tidak tahan lagi dengan kejadian ini. Minggu lalu saya bertemu dengan seorang teman lama yang mengundang saya ke seorang ibu yang baik, Ms. KARINA ROLAND LOAN COMPANY, yang akhirnya membantu saya mendapatkan pinjaman sebesar Rp.500.000.000,00

    Ibu yang baik, saya ingin mengambil kesempatan ini untuk mengucapkan terima kasih, dan semoga Tuhan terus memberkati ibu yang baik KARINA ROLAND dan teman saya. Saya juga ingin menggunakan kesempatan ini untuk memberikan saran kepada orang Indonesia lainnya, ada banyak penipu di sana, jadi jika Anda memerlukan pinjaman dan keamanan dan siapa pun yang membutuhkan pinjaman harus cepat, hubungi KARINA ROLAND melalui email karinarolandloancompany@gmail.com
    Anda masih dapat menghubungi ibu whatsApp nomor +1 (585) 708- 3478
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email: (salsabillazulfikar4@gmail.com). untuk informasi lebih lanjut.

    BalasHapus
  17. Ramuan ajaib Crasty Creps:
    -Ragi 3 biji
    -Garam gosok setengah kilo
    -Air kelapa 3 liter
    -Gula kelapa 2 biji di ranjang halus.
    -Urea setengah kilogram

    Caranya:
    Rajangan gula kelapa dimasukkan pada 1 liter air kelapa, lalu dipanaskan dg api kecil hingga suhu 39-45derajad celcius. Diaduk rata hingga larut sekitar 7menit. Dinginkan lalu tambahkan 2 liter air kelapa. Masukkan Ragi yangbdihaluskan, garam gosok dan setengah kilogram urea. Biarkan tercampur rata lalu taburi ragi, untuk fermentasi tunggu hingga 2 hari.

    Setelah bahan ramuan mulai aktip, bisa di aplikasikan dengan 0.8liter Roundup, atau 1 liter Phosat dan bahan herbisida sejenisnya. 1 liter Phosat atau Roundup yang Anda gunakan daya kekuatannya setara 3 liter Phosat atau Roundup buatan pabrik. Anda sudah menghemat 2 liter obat kimia, dan jelas² sangat aman bagi kelestarian tanah dan mikroorganisme dalam tanah. Bahan semi herbal ini sangat ampuh dan jangan. Sampai. Terkena mata. Ini Ramuan SpongeBob

    BalasHapus